Dalam membangun sebuah link, kita perlu mengenal adanya internal linking
dan eksternal linking. Bagi SEO sendiri, membangun sebuah link merupakan
salah satu dasar dalam menciptakan optimalisasi peringkat sebuah halaman website
atau blog di search engine. Pastinya , anchor text memiliki peranan penting di
balik usaha membangu sebuah link tersebut.
Apakah Anchor Text itu?
Anchor text adalah text yang yang mengandung link
menuju sebuah halaman web/blog lain, baik internal maupun eksternal.
Penulisan HTML Anchor
Text
Dalam penulisan HTML anchor text seperti ini :
<a
href="url-halaman-yg-dituju">Anchor Text<a/>
Contoh :
<a href="http://kupastuntasseo.blogspot.com/">
Tips SEO a href=""> <a/>
Pengguaannya
seperti ini
Anchor text memastikan deskripsi dari url yang untuk dituju.
Anchor text yang dibuat dengan keyword/phrase yang sangat tepat akan sangat
diperhitungkan dan bermanfaat, baik bagi pengunjung website maupun search
engine. Oleh karena itu, penyusunan anchor text sebaiknya benar-benar
diperhatikan dan menjadi fokus penting ketika membuat sebuah halaman blog/web.
Pengertian Pada
Pengunjung Tentang Halaman Tujuan Melalui Anchor Text
Seringkali kita memeriksa penggunaan anchor text seperti
'klik disini', 'disini', atau 'click here', dan sejenisnya yang berguna untuk mengarahkan
pengunjung website atau blog menuju halaman yang dirujuk. Memang tidak apa –
apa, tapi masalahnya, 'klik disini' digunakan untuk apa? Mungkin saja sebelum
atau sesudahnya ada sebuah deskripsi singkat mengenai itu, tetapi sedikit pengunjung
yang memperhatikannya. Anda dapat menggunakan anchor text yang sesuai dengan
halaman tujuan. Tentunya, anda pasti tidak mau kan jika halaman – halaman Anda teroptimasi di search engine dengan
keyword atau kata kunci "Klik Disini". Kecuali anchor text tersebut
memang benar-benar Anda dibutuhkan. Hindari juga anchor text yg berupa url
(sama dengan url link-nya), berupa nomer halaman, dan sebagainya.
Buat Anchor Text yang
Singkat dan Tidak Terlalu Panjang
Anchor text harus bersifat deskriptif agar pengunjung
website dapat tahu informasi mengenai halaman yang hendak ditujunya. Selalu gunakan
anchor text pada keyword/frase yang menjelaskan namun sekaligus mempunyai makna
minim, sehingga apa yang akan dituju oleh pengunjung jelas dan tidak akan
membingungkan. Ini berarti, sebuah penggunaan anchor text tidak terlalu pendek
(kecuali memang sudah jelas) sekaligus tidak terlalu panjang.
Membuat Link dengan
Anchor Text yang Mudah Dilihat dan Ditemukan
Penempatan dan tata letak sebuah link merupakan faktor
lumayan penting untuk menentukan berapa banyaknya jumlah klik yg mengarah ke
halaman tujuan. Pembaca website melakukan pengecekan pada bagian bagian halaman
web yang menonjol, demikian juga terhadap tulisan yang memiliki penonjolan,
seperti yang di beri cetak tebal (bold), cetak miring (italic), atau headline,
dan tentunya: LINK, memberikan ciri khas yang membuat pengunjung website tahu
bahwa sebaris kata –kata yang sangat membantu dalam mengoptimalkan navigasi.
Pengunjung pasti akan tahu bahwa link tersebut dapat diklik (clickable)
sehingga mereka dapat memberika ke suatu yang diinginkan dengan mudah. Berila
warna pada tampilan link yang dapat mudah terlihat dan menonjol. Jika,
perlu beri warna yang berbeda – beda pada visited link (link yang telah
dikunjungi/diklik) agar seorang pengunjung tahu halaman mana saja yang sudah
pernah dia lihat sebelumnya. Hindari penggunaan sebuah link yang memiliki warna
yang sama dengan text lain, apalagi membuat sebuah link yang tersembunyi
(invisible links) yang tidak bermanfaat bagi pengunjung dan merupakan trik SEO
yang sebenarnya berbahaya dan saat ini mulai diperangi oleh Google dan search
engine lainnya.
0 komentar :
Posting Komentar
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.