Ads

anchor text

Dalam membangun sebuah link, kita perlu mengenal adanya internal linking dan eksternal linking. Bagi SEO sendiri, membangun sebuah link merupakan salah satu dasar dalam menciptakan optimalisasi peringkat sebuah halaman website atau blog di search engine. Pastinya , anchor text memiliki peranan penting di balik usaha membangu sebuah link tersebut.

Apakah Anchor Text itu?


Anchor text adalah text yang yang mengandung link menuju sebuah halaman web/blog lain, baik internal maupun eksternal.

Penulisan HTML Anchor Text

html anchor text

Dalam penulisan HTML anchor text seperti ini :
<a href="url-halaman-yg-dituju">Anchor Text<a/>
Contoh :
<a href="http://kupastuntasseo.blogspot.com/"> Tips SEO a href=""> <a/>
Pengguaannya seperti ini

Anchor text memastikan deskripsi dari url yang untuk dituju. Anchor text yang dibuat dengan keyword/phrase yang sangat tepat akan sangat diperhitungkan dan bermanfaat, baik bagi pengunjung website maupun search engine. Oleh karena itu, penyusunan anchor text sebaiknya benar-benar diperhatikan dan menjadi fokus penting ketika membuat sebuah halaman blog/web.


Pengertian Pada Pengunjung Tentang Halaman Tujuan Melalui Anchor Text

Seringkali kita memeriksa penggunaan anchor text seperti 'klik disini', 'disini', atau 'click here', dan sejenisnya yang berguna untuk mengarahkan pengunjung website atau blog menuju halaman yang dirujuk. Memang tidak apa – apa, tapi masalahnya, 'klik disini' digunakan untuk apa? Mungkin saja sebelum atau sesudahnya ada sebuah deskripsi singkat mengenai itu, tetapi sedikit pengunjung yang memperhatikannya. Anda dapat menggunakan anchor text yang sesuai dengan halaman tujuan. Tentunya, anda pasti tidak mau kan jika halaman – halaman  Anda teroptimasi di search engine dengan keyword atau kata kunci "Klik Disini". Kecuali anchor text tersebut memang benar-benar Anda dibutuhkan. Hindari juga anchor text yg berupa url (sama dengan url link-nya), berupa nomer halaman, dan sebagainya.


Buat Anchor Text yang Singkat dan Tidak Terlalu Panjang

Anchor text harus bersifat deskriptif agar pengunjung website dapat tahu informasi mengenai halaman yang hendak ditujunya. Selalu gunakan anchor text pada keyword/frase yang menjelaskan namun sekaligus mempunyai makna minim, sehingga apa yang akan dituju oleh pengunjung jelas dan tidak akan membingungkan. Ini berarti, sebuah penggunaan anchor text tidak terlalu pendek (kecuali memang sudah jelas) sekaligus tidak terlalu panjang.

Membuat Link dengan Anchor Text yang Mudah Dilihat dan Ditemukan


Penempatan dan tata letak sebuah link merupakan faktor lumayan penting untuk menentukan berapa banyaknya jumlah klik yg mengarah ke halaman tujuan. Pembaca website melakukan pengecekan pada bagian bagian halaman web yang menonjol, demikian juga terhadap tulisan yang memiliki penonjolan, seperti yang di beri cetak tebal (bold), cetak miring (italic), atau headline, dan tentunya: LINK, memberikan ciri khas yang membuat pengunjung website tahu bahwa sebaris kata –kata yang sangat membantu dalam mengoptimalkan navigasi. Pengunjung pasti akan tahu bahwa link tersebut dapat diklik (clickable) sehingga mereka dapat memberika ke suatu yang diinginkan dengan mudah. Berila warna pada tampilan link yang dapat mudah terlihat dan menonjol. Jika, perlu beri warna yang berbeda – beda  pada visited link (link yang telah dikunjungi/diklik) agar seorang pengunjung tahu halaman mana saja yang sudah pernah dia lihat sebelumnya. Hindari penggunaan sebuah link yang memiliki warna yang sama dengan text lain, apalagi membuat sebuah link yang tersembunyi (invisible links) yang tidak bermanfaat bagi pengunjung dan merupakan trik SEO yang sebenarnya berbahaya dan saat ini mulai diperangi oleh Google dan search engine lainnya.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Top