Kupas Tuntas Teknik SEO
Dasar SEO


Meta tag merupakan suatu alat untuk memberikan informasi kepada suatu browser, mesin pencari atau suatu program yang otomatis (robot) mengenai judul halaman, deskripsi halaman, kata kunci atau keyword, dan lain-laim. Meta tag tidak dapat terlihat langsung di suatu website, akan tetapi meta tag bisa dilihat di kode sebuah HTML halaman di dalam website tersebut. Pada browser Mozilla Firefox, cara memeriksa kode HTML dengan memilih menu view dan page source. Meta tag selalu ada ditulis diantara <head> dan </head> seperti berikut:

<head>
<title>anda dapat menuliskan tulis judul halaman website disini</title>
<meta name="description" content=" anda dapat menuliskan deskripsi halaman website disini">
<meta name="keywords" content="anda dapat menuliskan kata kunci disini">
</head>

Selain meta tag, penulisan judul dihalaman website harus semenarik mungkin dan mengandung kata kunci yang berperan sangat penting supaya bisa mendapat hasil peringkat pencarian yang sangat tinggi. Seluruh mesin pencari pasti menggunakan meta tag secara berbeda-beda, dibeberapa website malahan mengatakan mesin pencari yang besar seperti Google, Yahoo, dan Bing tidak lagi dapat menggunakan meta tag. Jadi kita hanya membahas beberapa meta tag yang penting termasuk adanya title tag.

Title Tag
Title tag menjadi tag pertama dan tag yang penting sekali untuk mendapatkan hasil peringkat pencarian yang paling tinggi. Faktanya, title tag terdiri dari 5 hingga 10 kata dan tidak yang melebihi 70 sampai 80 karakter. Title tag sendiri harus mengandung kata kunci yang khusus, sebaiknya pada kata pertama kali. Anda harus ingat bahwa judul website ada disebagai tautan pada hasil pencarian mesin pencari, sehingga Anda harus membuat title tag sangat menarik ketika dibaca oleh pengunjung website Anda.
Contoh:
<title> Title Website </title>

Anchor Text
Fungsi anchor text sendiri adalah sebagai alat promosi , untuk mendapatkan backlink , dan juga untuk meringkas sebuah link menjadi sebuah text. Anchor text dapat menjadi backlink oleh google karena url kita akan dibaca dan diperhitungkan oleh mesin pencari seperti google.

<a href="http://alamat-anda.blogspot.com" title="keyword">keyword</a>
Contoh :
<a href=" http://www.cityadexpo.com/"title="Promotion Display "> Promotion Display </a>

Penggunaannya akan seperti ini 

Meta Keywords Tag
Keywords tag berfungsi untuk memberi tahukan mesin pencari kata kunci semua yang penting – penting untuk halaman website, dan kata kunci yang selalu dipakai orang untuk menjupai website Anda. Ingat, disetiap halaman website mempunyai kata kunci yang berbeda – beda sesuai dengan apa yang dibahas pada halaman tersebut. Tetapi saat ini meta keywords tag sudah tidak efektif lagi untuk memperoleh peringkat hasil pencarian yang lumayan tinggi itu dikarenakan banyaknya pemilik website yang menuliskan kata kunci pada keyword tag namun tidak sesuai dengan apa yang ada di isi websitenya.

Tetapi, tidak ada salahnya jika Anda memasukkan kata kunci khusus dan disertakan satu atau dua kata kunci umum dalam keywords tag. Anda juga dapat memasukkan beberapa variasi kata kunci dalam huruf besar atau huruf kecil. Beberapa hal yang harus ingat dan diperhatikan dalam penulisan keywords tag yaitu jangan mengulang kata kunci lebih dari 3X dan jangan mengulang kata yang sama secara berurutan meskipun dipisahkan oleh koma karena Anda bisa dianggap melakukan spam.



0 komentar :

Posting Komentar

 
Top